Cara murah nelpon lewat voip

Optimalkan koneksi internet anda dengan CBNTalk

Apa itu CBNTalk? CBNTalk adalah layanan telephony melalui internet dari CBN yang lebih dikenal dengan VOIP. Apa saja yang dapat dilakukan dengan CBNTalk? Dengan CBNTalk anda dapat menghemat panggilan SLI dan SLJJ dengan tarif lebih murah sampai 80% dari tarif normal, selain itu, anda dapat juga menghubungi sesama pengguna CBNTalk dengan gratis.
Kemudian, bagaimana caranya mengoptimalkan koneksi internet dengan CBNTalk?Saat ini sudah banyak perorangan dan perusahaan yang memiliki koneksi internet dedicated, baik itu melalui layanan kabel internet, adsl mauapun wireless. Dengan koneksi internet yang selalu online 24 jam ini, maka kita dapat menggunakannya sebagai media komunikasi suara dan video. Dengan CBNTalk lah hal itu dapat diwujudkan. Jadi, selain hanya digunakan sebagai layanan internet, koneksi dedicated anda juga berfungsi sebagai saluran telpon dan video call. Suatu keuntungan yang luar biasa, anda dapat menghubungi kerabat, kolega bahkan cabang perusahaan di kota lain ataupun di luar negeri hampir tanpa biaya, bahkan untuk keluarga atau perusahaan yang menggunakan koneksi internet dari provider lain juga dapat menggunakannya, cukup dengan kartu prepaid CBN, semua bisa dilakukan.

Mengapa kartu Prepaid?Karena dengan kartu Prepaid, anda dapat mengontrol penggunaannya dan tidak perlu repot datang ke CBN, bahkan untuk keluarga yang diluar negeri ataupun di luar kota, anda bisa membelikannya untuk mereka, dan cukup menginformasikan nomer dan passwordnya.

Dalam artikel ini akan dibahas perbagian, bagaimana cara menggunakan CBNTalk untuk perorangan ataupun perusahaan yang memiliki kantor cabang dikota lain, untuk menghemat biaya SLI ataupun SLJJ.

Pembahasan pertama adalah untuk perorangan, siapa saja yang bisa menggunakan CBNTalk, koneksi yang diperlukan, bagaimana settingnya, kebutuhan software dan hardware. Pada dasarnya pelanggan perorangan yang memiliki koneksi internet dedicated dapat menggunakannya, baik itu internet kabel, adsl, wireless, dan melalui selular. Hanya saja kebutuhan bandwidth yang optimal adalah > 32kbps upstream dan downstream untuk suara, dan jika ingin menggunakan video, lebih baik > 64kbps upstream dan downstream, sehingga untuk pelanggan GPRS unlimited, jika anda tidak berada di jaringan 3G, sangat tidak disarankan, karena suara akan hanya satu arah yang bagus. Dan anda juga bisa menggunakan koneksi internet dari provider mana saja.

Jika anda memiliki komputer yang menyala terus dan terhubung dengan internet, anda dapat menginstall software softphone, begitu juga dengan keluarga dikota lain. Atau jika anda ingin mengemat listrik, anda dapat membeli IP Phone, seperti Grandstream Budgetone, yang dapat langsung digunakan tanpa komputer ataupun ATA adapter yang dapat digabung dengan telepon rumah.

Kebutuhan Software untuk Personal Computer :

- Xlite, http://www.counterpath.com/13#Download (gratis) atau
- Sjphone, http://www.sjphone.org/sjp.html (gratis) atau
- Software lain yang mendukung SIP

Kebutuhan Hardware untuk Personal Computer :

- Sound Card
- Microphone dan Loudspeaker atau
- Headseat ber-microphone

atau cukup dengan IPPhone/VideoPhone :

- Grandstream Budgetone, http://www.grandstream.com/consumersolutions.html atau
- Dlink IP Phone atau
- IP Phone lain yang mendukung SIP

atau ATA Adapater + pesawat telpon :

- Linksys SPA3120
- Grandstream HandyTone HT488, http://www.grandstream.com/ht488.html
- Atau ATA adapter lain.

Contoh penerapan: anda berdomisili di Jakarta dan anak anda sedang kuliah di Berlin, Jerman, untuk itu anda memerlukan dua kartu Prepaid CBN, misal kartu pertama ber username 5306600011 dan kartu kedua adalah 5306600012. Maka kartu pertama disetting di Jakarta dan yang satu lagi di Berlin. Setting yang harus dimasukkan adalah sebagai berikut:

username : username kartu prepaid (5306600012 atau 5306600011)
auth username : username kartu prepaid (5306600012 atau 5306600011)
password : password kartu prepaid
domain/sip proxy : voip.cbn.net.id

contoh setting pada xlite :

untuk setting pada sjphone, create profile dengan type "call through SIP Proxy" dengan setting sebagai berikut :

Contoh setting ATA Linksys SPA3120

Jika semua setting sudah benar, dan status teregistrasi, anda dapat mencoba dengan mendial nomer 14086, jika setting sudah benar, maka akan terdengar greeting dari IVR CBN. Untuk melakukan panggilan ke nomer Prepaid CBN lain, cukup tambahkan prefix 08686 ke username kartu Prepaid CBN, sebagai contoh untuk menelepon kartu Prepaid dengan username 5306600011, pada software xlite atau sjphone anda harus mendial nomer 086865306600011, selanjutnya akan terdengar ringing dinomer tujuan.

Jika anda memiliki usb camera dan menggunakan komputer, anda juga dapat berbagi video atau bertatap muka langsung saat sedang melakukan panggilan, cukup aktifkan saja mode video pada xlite atau sjphone anda. Setelah ini, anda akan dapat melakukan panggilan setiap saat, selama komputer dan aplikasinya selalu menyala di dua tempat, dengan tarif masih gratis, jangan lupa anda setel loudspeaker anda, supaya jika anak anda di Berlin menelepon, anda dapat mengetahuinya. Selain itu, anda juga dapat melakukan panggilan SLI maupun SLJJ melalui software tersebut, cukup dial 01086+CountryCode+AreaCode+DestinationNumber., contoh 01086622157994588. Selamat mencoba.

Pembahasan kedua adalah untuk perusahaan yang memiliki cabang di kota lain. Sekarang ini, hampir semua perusahaan memiliki akses internet dedicated. Baik itu di kantor pusat maupun di kantor cabang, nah, selain untuk kebutuhan akses internet untuk keperluan kantor, mengapa tidak sekalian digunakan sebagai sarana komunikasi suara antar cabang?yang mana akan menghemat pengeluaran biaya telpon antar cabang atau kota. Untuk perusahaan, lebih baik menggunakan ATA Adapter, karena alat ini memungkinkan untuk dihubungkan dengan PBX kantor, sehingga dapat digunakan oleh semua karyawan.

Apa saja yang dibutuhkan?

ATA adapter dengan FXS port :

- Linksys PAP2, http://www-id.linksys.com atau
- Grandstream HandyTone HT-496, http://www.grandstream.com/ht496.html 

Selain itu, anda juga harus memiliki 2 kartu Prepaid CBN, satu untuk kantor pusat, satu lagi untuk kantor cabang, jika kantor cabang anda lebih dari satu, tambahkan saja kartu Prepaidnya sesuai dengan banyaknya cabang. Jika kantor anda berada di Jakarta dan berada pada jaringan metro ethernet CBN, anda dapat menjadi pelanggan postpaid CBNTalk. Berikut ini adalah contoh setting ATA linksys :

untuk perangkat ATA yang disebutkan diatas, anda dapat menghubungkan 2 line dari ATA ke PBX, sehingga akan dapat digunakan 2 line secara bersamaan. Tapi untuk dapat menggunakan 2 line secara bersamaan, maka anda harus memiliki 2 kartu Prepaid CBN yang berbeda, karena 1 kartu hanya bisa single login. Setelah perangkat ATA teregistrasi dengan benar, anda dapat mencobanya dengan menghubungkan pesawat telpon ke perangkat ATA, dial 14086, jika setting sudah benar, maka akan terdengar greeting dari IVR CBN, jika sudah, anda dapat menghubungkannya dengan PBX kantor anda, melalui line CO atau incoming PBX. Jangan lupa set prefix di PBX agar dapat menggunakan line CO tersebut. Jangan lupa juga menforward incoming call dari line CO tersebut ke extention operator atau system greeting anda, sehingga apabila dari cabang menelepon, dapat diterima oleh operator, atau langsung mendapat panduan pemilihan extention.

Untuk dapat menghubungi kantor cabang, misalkan username Prepaid CBN di cabang adalah 5306600012 dan di pusat adalah 5306600011, maka dari pusat cukup mendial Prefix_Outgoing_PBX + 08686 + 5306600012, begitu juga sebaliknya. Sedangkan untuk melakukan panggilan SLI atau SLJJ, caranya dengan mendial Prefix_Outgoing_PBX + 01086 + CountryCode + AreaCode + DestinationNumber, contohnya adalah Prefix_Outgoing_PBX + 01086622157994588. Selamat mencoba.

Comments

Popular Posts